MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM - KUPAS TUNTAS

MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM

MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM

1. Kaltim adalah paru-paru dunia.
Akhir-akhir ini banyak sekali yang sok kritis dan peduli terhadap hutan Kalimantan tapi mereka diam saat perusahaan kayu mulai menebang hutan kami. Setelah perusahaan kayu meredup akibat langkanya kayu ulin, perusahaan sawit dan tambang yang menguasai sebagian besar wilayah Kaltim. Kalau orang luar sih menganggap yang penting ada pohonnya meski ditanam sawit bahkan cuma pohon cabe sekalipun tetap dianggap hutan. Tapi tahukah kalian dampak pembukaan hutan untuk perkebunan sawit itu membuat orang utan kehilangan tempat tinggal. Orang utan itu juga diburu oleh karyawan sawit karena dianggap hama. Di Kutai barat ada badak bercula satu tapi jumlahnya sudah sangat sedikit, menurut perkiraan cuma ada sekitar 15 ekor.

2. Iklan apartemen Balikpapan yang muncul di surat kabar.

MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM
MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM

Banyak dugaan orang luar Kaltim yang menganggap apartemen tersebut pasti ada hubungannya dengan pindahnya ibukota. Apartemen tersebut sudah lama dibangun dari tahun 2014 dan sudah lama ditawarkan. Bangunannya juga sudah jadi, silahkan tanya kepada orang Balikpapan karena mereka yang menyaksikan proses pembangunan apartemen tersebut.

3. Sungai Mahakam itu jernih.
Yang ini juga tidak benar, karena sebenarnya air sungai Mahakam itu coklat dan keruh, sampahnya juga ada di pinggiran sungai. Limbah perusahaan dan limbah rumah tangga menjadi penyebabnya. Populasi ikan pesut yang hidup di sungai Mahakam juga semakin berkurang.

4. Bukit Soeharto adalah hutan lindung.
Ini juga tidak benar karena bukit Soeharto adalah hutan produksi dan sudah diklarifikasi oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, dilihat dari pinggir jalan tol memang tampak seperti hutan. Tapi jika anda masuk ke dalam sekitar 1 KM maka anda akan melihat banyaknya lubang tambang yang bisa menghilangkan nyawa anda jika main-main di pinggir lubang tambang tersebut. Di situ juga ada perusahaan milik adiknya Prabowo bernama PT. ICHI yang kemungkinan ikut kena gusur. Istana presiden dan kantor pemerintahan dibangun di wilayah tersebut. Tentu saja saya setuju ibukota pindah karena lubang tambang tersebut pasti akan ditutup untuk dihijaukan kembali.

MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM
Akhir-akhir ini banyak sekali yang sok kritis dan peduli terhadap hutan Kalimantan tapi mereka diam saat perusahaan kayu mulai menebang hutan kami. Setelah perusahaan kayu meredup akibat langkanya kayu ulin, perusahaan sawit dan tambang yang menguasai sebagian besar wilayah Kaltim. Kalau orang luar sih menganggap yang penting ada pohonnya meski ditanam sawit bahkan cuma pohon cabe sekalipun tetap dianggap hutan. 


5. Perusahaan perkebunan membantu penghijauan lahan dan ekonomi masyarakat.
Tidak sepenuhnya benar karena banyak lahan masyarakat digusur tanpa ganti rugi termasuk tanah milik keluarga saya sendiri yang diambil perusahaan sawit.

6. Warga Kaltim tidak bisa beradaptasi terhadap pendatang dari luar Kaltim jika menjadi ibukota.
Ini juga tidak benar, dari era Soeharto sudah banyak suku Jawa yang tinggal di Kalimantan lewat program transmigrasi. Saat itu sudah banyak hutan dibuka untuk lahan tempat tinggal mereka. Jumlah suku Jawa lebih besar dari suku asli Kalimantan, disini juga ada suku lain seperti Sunda, Padang, Batak, Toraja, Bugis, NTT dan lainnya.

Stop hoax demi ambisi kepentingan politik anda.

0 Response to "MENJAWAB HOAX TENTANG KALTIM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel