AKHLAK KEPADA ORANG TUA - KUPAS TUNTAS

AKHLAK KEPADA ORANG TUA


AKHLAK KEPADA ORANG TUA

Assalamu`alaikum wrarahmatullahiwabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil `alamiin. Washalatu wassalamu `alanabiyyina Muhammadin wa`ala alihi washabihi ajma`iin.
Asyahadu an laailaha illallah wa asyahadu anna muhammadan abduhu warasuluh. Allahumma fashalli wasallim `ala  sayyidina Muhammadin  wa`ala alihi  wa shahbihi ajma`iin. Amma ba`du Qaa lallahu ta`ala filquranil adhiim.
A`uudzubillahimninasyaithanirrajim.
Bismaillahirrahmanirrahiim





Dan kami perintahkan kepada manusia berbuat baik  kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya Telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, Hanya kepada-Kulah kembalimu.
Quran surat Lukman ayat 14
Yang terhormat Bapak – ibu dewan Yuri ,
Yang terhormat teman-teman peserta lomba ceramah
Yang terhormat semua yang hadir di tempat yang berbahagia ini,
Pertama kali marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT , atas karunia dan kenikmatan-Nya yang telah dilimpahkan kepada kita semua.
Terutama nikmat iman yang oleh Allah SWT berikan kepada hamba-Nya yang terpilih, dan semoga kita termasuk di golongan hamba yang panda bersyukur, amin yarabbal `alamiin.
Dewan Yuri yang kami hormati,
Dalam kesempatan yang berharga ini, izinkanlah kami menyampaikan  materi lomba  cermaha dengan Judul ” Akhlak Kepada Orang Tua ”. Mengapa tema tersebut kami pilih ? ya... karena saat ini kami sebagai anak menyadari betul bahwa peranan orang tua betul-betul sangat penting- sangat luar biasa – sangat berarti bagi kehidupan anak. Tidak mungkin hidup dengan baik tanpa  orang tua.
Oleh karena itu, orang tua menjadi wakil Tuhan di dunia.
Saudara-saudara seiman yang berbahagia, ...
Dalam kesempatan ini marilah kita  merenungkan kembali tentang hubungan kita terhadap orang tua ayah dan ibu .
Marilah kita bertanya pada diri kita sendiri ,
sudahkah kita bertata krama dengan baik kepada orang tua kita ?
Sudahkah kita menjadi anak yang menjadi harapan bagi kedua orang tua kita ?
Atau  keberadaan kita justru malah menjadi masalah yang membuat orang tua menjadi sedih, bahkan  ada yang sampai orang tua menjadi sakit ataunstress karena memikirkan anaknya yang kurang ajar, atau durhaka.
Teman-teman yang budiman .....
Saat ini banyak  anak yang menjadi  masalah bagi semua, menyusahkan bagi orang tua, menjengkelekan bagi keluarga, memusingkan bagi bagi bapak dan ibu guru di sekolah, meresahkan bagi lingkungan masyarakat. Dan  ada juga yang sampai harus berurusan dengan persoalan hukum karena berbuat kriminal atau kejahatan. Naudzubillahi min zalik.....
Saudara-saudara yang saya banggakan.....
Jika kita akritisi atau kita cari faktor permasalahannya, semua itu tidak lepas dari sebab  krisis akhlakul karimah.
Faktor tersebut yang menjadi biang keroknya sifat manusia  , yang mengakibatkan  kedudukan manusia akan jatuh terhina di bawah sifat binatang
 Sebagaimana firman Allah  dalam surat  Attiin 5 :




Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
Oleh karena itu  sejak dahulu telah menjajdi semboyan Nabi kita berdakwah untuk memperbaiki  akhlak manusia.
Innamaa bu`itstu liutammimaa makarimal akhlak
” Aku diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhklak ”

  Oleh karena itu marilah kita berusaha untuk membangun hubungan baik kepada orang tua dengan berakhlak yang luhur atau akhklak mahmudah.Dengan berbudi berkerti yang baik terhadap kedua orang tua insya Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan sebagai anak maupun bagi orang tua akan merasa bangga jika melihat anaknya sopan santun, berbudi luhur, bahkan kalau dapat menjadi harapan orang tua . kata orang jawa : ” mikul duwur mendhem jero ” dapat mengharumkan nama orang tua dan sekaligus menghapus kesalahan atau aib nya.
Langkah apa yang harus kita lakukan terhadap orang tua  ?
Ada dua hal yang sangat penting adab seorang anak terhadap kedua orangtuanya.yaitu ...
1.     Berbakti dan taat kepada orangtua.
Tidak ada orang di atas bumi ini yang jasanya terhadap diri kita lebih besar  melebihi jasa kedua orang tua. Sungguh hebat dan betapa besar jasa orangtua kita terlebih-lebih ibu. Maka tidak heran jika Allah menjeaskan bahwa surga itu ada di telapak ibu, rasulullah juga bersabda  ridha Allah ada pada ridha ibu, murka Allah  terjadi jika ibu kita murka
            Firman Allah SWT dalam Surat AlIsra` 23 :



Yang artinya : ... dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua...
Kita dilarang durhaka kepada keduanya karena akan mendapat dosa besar:
Sebagaimana sabda nabi Muhamamd SAW :

Saudara-saudara yang dirahmati Allah SWT.....
 Mengapa kita perlu  berbakti kepada kedua orangtua ?
Menurut Buku Berbakti Kepada Ibu Bapak yang ditulis oleh Ustadz Suad Muhammad Faraj ; bahwa keutamaan berbakti kepada kedua orngtua itu ada tiga hal ; yaitu 1) akan membuat diterimanya amal shaleh dan terhapusnya dosa-dosa ,  2) Diakbulkan doanya  3) dilapangkan hatinya dan membuat hidup menjadi bahagia.
2.     Menjaga diri agar tidak menyakiti hati dengan ucapan seperti mencaci
      maki, mengumpat, menjelek-jelekkan , apa lagi berlaku zalim terhadap keduanya. 
Rasulullah bersabda : ” Tiga orang yang tidak diterima amalnya  oleh Allah SWT  pada hari kiamat, dengan ditolak tanpa pengadilan yaitu : orang yang durhaka kepada  orang tuanya , orangyang mengungkit-ungkit pemberiannya, dan orang yang mengingkari taqdir ”  hadits diriwayatkan Abu Umamah .
Demikian  materi ceramah  yang dapat kami sampaikan , mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayah dan taufiqnya kepada kita sehingga hidup kita terbimbing  pada jaln yang lurus, jalan yang mendapat ridha dari Allah Yang Maha Penyayang.
Akhirukalam Billahittaufiq walhidayah wal inayah
Wassalamu`alaikum wr.wb.



0 Response to "AKHLAK KEPADA ORANG TUA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel